17 Jan 2013

Hidup ini Sederhana

Lapar? Yaa, makan!
Haus? Yaa, minum!
Ngantuk? Yaa, tidur!

Sesederhana itu mestinya hidup. Tuhan telah mengatur segalanya amat harmoni dan presisi. Manusialah penyebab terjadinya berbagai ketidakseimbangan itu.

Rumusdi atas amat dimengerti oleh alam. Jika kepada api kita tawarkan bensin, ia akan menyambar. Hutan yang digunduli akan mengirimkan banjir, mendatangkan tanah longsor dan menghadiahkan aneka bencana. Aspal yang tebalnya dikurangi akan melobangi dirinya lagi.

Gajah atau harimau yang diburu selalu, bisa mengamuk ke perkampungan di lain waktu. Demikian kuatnya hukum ini hingga alam pun mematuhinya. Monyet bisa disuruh memetikkelapa. Anjing bisa dilatih mencari pencuri. Pohon-pohonan membasmi polusi. Sungai yang bersih mengalirkan air yang jernih.

Jika alam saja mentaatinya, kenapa manusia tidak? Disuruh atasan, yaa kerjakan. Membangkang hanya akan mengundang masalah. Setiap masalah menimbulkan ketidakseimbangan. Jadi mesti disingkirkan. Gampang saja menyingkirkannya. Toh cuma bawahan saja predikatnya.

bagaimana jika dia seorang atasan? Sama saja. Atasan yang otoriter menekan bawahan. Iklim kerja jadi tidak nyaman. Produktifitas menurun dan stabilitas terganggu. Demi harmonisasi perusahaan tentu saja si atasan yang mesti disingkirkan.

Hidup ini sederhana. Ingin punya ini, yaa beli! Ingin ke sana, yaa pergi saja! Tak punya uang, yaa jangan beli! Tak punya ongkos, yaa jangan pergi!

Sederhana sekali. Tapi lihat saja jika ia dibuat rumit. Tak sanggup beli, yaa dicuri? Tak berani nyuri, tapi tetap ingin beli? Akhirnya korupsi.

Tak punya biaya, tapi tetap ingin ke sana? Memang banyak jalan menuju Roma. Tapi ke sana butuh biaya. Maksa juga, bisa mengacaukan keuangan keluarga.

Hidup ini sederhana. Masalah ada karena solusi tersedia. Sudah berusaha? Berdo'a? Tapi masih mentok juga? Tunggu saja! Karena alam sendiri yang akan mengurainya.

Wassalam...;)

Related Posts

Hidup ini Sederhana
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.