Halaman

8 Des 2013

Rekreasi Otak

-->
Pelajaran favorit saya dulu sebenarnya IPS, meski saya juga jago Matematika, hehehe…*bangga. Belajar IPS membuat saya dituntut banyak membaca. Hal remeh, sebab salah satu hobi saya memang membaca. IPS mengajari saya banyak hal. Mulai dari bertambahnya wawasan sampai cara bergaul segala. Kelemahannya: belajar IPS juga menuntut kita banyak menghapal, sebab kurikulum dari pemerintah menganjurkannya demikian. Saya senang membaca, tapi menghapal saya tak suka.

“Kenapa saya mesti tahu 5cm itu sekian mm? Padahal dengan bertanya, dalam 5 detik saja saya bisa tahu jawabannya?”, begitu kurang lebih Einstein bicara.

Nah, disitulah kelebihannya matematika. Saya menyukainya sebab tak butuh banyak hapalan. Matematika cuma minta kita mengerti. Mudah mengerti matematika, sebab ilmunya pasti, baku dan mati. Sedang IPS adalah ilmu yang selalu hidup, tumbuh dan berkembang setiap detiknya. Jaman Petruk dulu Indonesia cuma terdiri dari 27 Propinsi. Jaman Sinchan sekarang ini, angkanya bertambah: 33 propinsi, tapi luasnya berkurang sebab ada yang dicaplok Malaysia dan bahkan Timur-Timor sudah jadi negara sendiri. UUD1945 juga sudah berubah, dan bahkan termasuk jumlah butir-butir Pancasila. Dulu memang otak saya masih mampu untuk mengingat dan hapal semuanya. Sekarang? Memikirkan cara mengajak Dian jalan bareng saja saya sudah pusing, hahaha…!

Dian lagi? Hahaha…! Ga apa-apa deh! Ini post memang buat Dian kok, hehe..!

Tadi Dian update status yang ada hubungannya dengan post ini. Ga taulah, emang jodoh kali, haha…! Tapi beneran kok! Di post berikutnya nanti (Insya Allah, aamiiin…!) akan saya buktikan bahwa Dian memang jodoh saya, hahahahak…!

Ini post sebenarnya materi lama blog ini yang karena suatu hal saya hapus. Tapi saya ingin upload ulang karena terlalu sayang untuk membuangnya. Karya saya sendiri, dan ini berhubungan erat sama matematika.

Meski rumusnya pasti, tapi matematika selalu menantang. Bermain matematika adalah rekreasi otak favorit saya. Dengan itulah saya selalu melatih otak untuk selalu berfikir kreatif. Dengan matematika saya jadi tahu bahwa SATU + SATU = TIGA.

Tak percaya? Buktikan saja…!

Coba ganti tiap huruf menjadi angka. Huruf yang sama diganti dengan angka yang sama pula.

S A T U
S A T U +
T I G A

S=4, A=2, T=8, U=1, I=5, dan G=6 


4 2 8 1
4 2 8 1+
8 5 6 2

Penasaran? Mau lagi? Tenang, masih banyak kok karya saya lainnya, hehe..! Satu lagi deh, yaa…!

   S A T U
   L I M A+
T U J U H

Ganti S=6, A=5, T=1, U=3, L=7, I=4, M=2, J=9 dan H=8.

Hasilnya…

   6 5 1 3
   7 4 2 5+
1 3 9 3 8

Gimana, asyiik kan, matematika…?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Convenient Marriage

Gambar nyomot di Goodreads Elizabeth, Charlotte dan Horatia adalah putri dari keluarga Winwood. Lizzy, si sulung terkenal sangat cantik. Cha...