Halaman

24 Feb 2015

Korban Yang Tak Butuh Dikasihani

Selain Cicak Mafia, Buaya Korup dan Serigala yang ganteng, akhir-akhir ini yang cukup ngehit adalah Narkoba. Eksekusi mati bagi pengedar narkoba bikin heboh beberapa Negara sekaligus buat meriah dunia maya. Saya setuju hukuman mati bagi pengedar dan bandarnya tanpa kompromi. Kurir, jika melakukannya secara sadar juga layak dapat hukuman yang serupa. Nah bagaimana dengan pengguna?

Banyak penyebab kenapa narkoba sulit diberantas. Jangankan bagi Bandar dan pengedar, bagi aparat sendiri narkoba adalah lahan basah. Sudah jelas gudang itu penuh dengan kardus isinya narkoba, masa diberitakan cuma 81 kg? Masuk akal?

Narkoba bagi aparat (kepolisian) adalah mesin ATM yang tiap saat bisa ditarik berapa saja yang mereka inginkan. Jika punya teman yang ditahan karena kasus narkoba, mending tak usah dibesuk sama sekali. Percayalah, jika tampangmu menghasut, kamu akan jadi target mereka berikutnya. Bahkan saking menjanjikannya, narkoba adalah property menjanjikan yang mereka sodorkan demi promosi jabatan. Makin banyak hasil opresi, makin moncer lah karirnya. Itulah kenapa di akhir-akhir tahun banyak sekali operasi buru narkoba yang sering kita dengar. Saya betul-betul risih. Masa iya kejahatan pun ditargetkan, agar bisa promosi jabatan….? Moral buruk aparat begitu mustahil mampu meredam bisnis narkoba. 

Selanjutnya pengguna narkoba, khususnya yang berasal dari kalangan orang terkenal, berduit dan atau punya pengaruh. Selama ini mereka sering berlindung dengan tameng bahwa pemakai adalah korban. Berita-berita, infotainment yang mengabarkan soal artis pengguna narkoba takkan mampu mengerem jumlah pengguna narkoba. Malah sebaliknya semakin meningkat, sebab sugesti sebagai korban yang gencar mereka sodorkan. Kita sendiri paham bahwa status sebagai korban di dunia kejahatan selalu memantik rasa simpati dan empati public. Secara psikologi ini akan memprovokasi para pengguna untuk terus mengkomsumsinya.

Turunannya, tameng sebagai korban saat diatngkap membuat mereka merasa brhak untuk mendapat perlakuan istimewa. Alih-alih dihukum tahan, mereka malah minta dirawat di panti rehablitasi. Dan kita mengerti pula, betapa istimewanya perlakuan terhadap mereka yang dirawat. Betapa bahagianya hidup di panti yang serba dilayani. Betapa asyiknya dirawat sebagai orang sakit. Apalagi jika perawatnya cantik-cantik dan bersih pula, hahaha….!
Mestinya tak ada alasan untuk tidak menahan mereka di penjara. Walau ditahan mereka juga beroleh pembinaan, kan? Apa sulitnya memberi mereka program rehablitasi walau sambil tetap di balik jeruji besi?

Tak semua korban butuh dibela dan dikasihani. Korban penipuan misalnya. Itu biasa terjadi karena kebodohan mereka sendiri. Ada ide unik namun logis yang dilontarkan Farhat Abbas di Twitter tentang memberantas penipuan.

“Mestinya yang dipenjara adalah yang ditipu, bukan penipunya. Biar mereka kapok, ga ditipu lagi", cuitnya.

Pun, begitu mestinya dengan pengguna narkoba. Semua terjadi karena kebodohan mereka sendiri. Mereka jadi pemakai karena mereka BODOH. Saya paling benci berteman dengan kebodohan.

“Ngapain ngomong politik melulu? Itu urusannya orang-orang pintar!”, protesnya.

Urusan orang pintar? Kalau begitu orang bodoh mestinya tak usah diberi hak pilih. Sebab kebodohan mereka dalam memilih pemimpinlah yang membuat negara kita jadi rusak begini, kan? Yang bodoh cuma mereka, tapi yang pintar jadi ikut menderita.

Sebagai penutup, saya beri lagu keren band favorit saya Def Leppard, special bagi orang-orang bodoh pengguna narkoba.

No promises, no guarantees
When you come down here you're already on your knees
You wanna ride white lightnin' then sign your name
If you wanna dance with the Devil
You gotta play his way, play the game


You gotta taste that sweetness
'Cause you can't say no
But are you ready for the nightmare when you can't let go
Like a soldier of fortune when the money runs dry
You got rivers of bitter tears in your eyes


You wanna leave but you can't let go
You wanna stop but you can't say no
You'll never laugh about it, you just can't live without it
You had enough but you just want more
You never get what you're lookin' for
You'll never laugh about it, never


You got both ends burning like a mouth to a flame
You're going off the rails like a runaway train
It's a no win situation, there's no way out
And no one will ever hear you
Scream and shout


Run, he's coming to claim you
Run, nowhere to hide away
Run, you dance with danger
Run, oh, you gotta ride the


White lightnin' on a dead end street
White lightnin', where the deadbeats meet
White lightnin', it's a one way ride
White lightnin', oh, there's nowhere to hide
Oh, can you believe me babe?


Such a lonely road you ride
It's not easy when you don't know why
Such a heavy load you hide
You never leave no matter how you try


White lightnin' on a dead end street
White lightnin', where the deadbeats meet
White lightnin', it's a one way ride
White lightnin', oh, there's nowhere to hide
White lightning, can you feel it, can you feel it?
White lightning, it's so dangerous
White lightning, no promises, no guarantees
White lightning


Def Leppard ~ White Lightnin'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Convenient Marriage

Gambar nyomot di Goodreads Elizabeth, Charlotte dan Horatia adalah putri dari keluarga Winwood. Lizzy, si sulung terkenal sangat cantik. Cha...