20 Agu 2017

Kehilangan (Lagi)

Beberapa waktu terakhir ini saya boleh dibilang saya jarang terlihat online di Facebook. Bukan tak pernah buka, cuma memang frekwensinya memang berkurang, sejak 2 bulanan terakhir punya mainan baru, baca ebook. Bukan mainan baru juga sebetulnya, sebab sejak dulu saya memang punya hampir 2Giga-an file ebook. Saya sebut baru sebab kemudian data tersebut hilang berbarengan dengan rusaknya HDD di komputer butut saya. Dan selama mudik lebaran terakhir saya sibuk mendownload dan kumpulkan ulang koleksi-koleksi lama, kali ini di handphone baru, hahaha...!

Dulu saya begitu stressnya saat mengetahui HDD tersebut rusak sama sekali. Bermacam cara saya usahakan, setidaknya untuk mendapatkan lagi file-file berharga saya. Selain 2Giga-an file ebooks, disitu saya juga punya simpanan video sinetron favorit Para Pencari Tuhan, nyaris komplit dari tahun pertama sampai tahun ke-8. Ada lagi file-file video sinetron Lorong Waktu tahun ke-3 sampai tahun ke-5, juga komplit. Dan tentu saja banyak jenis file lainnya yang juga keren, seperti file film, lagu-lagu dan aneka artikel. Semua hilang, karena HDD rusak, gagal saya perbaiki.

Hilang barang, bahkan kehilangan wanita tersayang sekalipun saya rasa tak begitu sedihnya. Ada polisi yang bisa dimintakan tolong mencarinya. Bahkan bila perlu, dukun juga banyak, hahaha...! Saya pernah kehilangan serupa, dan fakta bahwa saya tak menemui polisi atau dukun adalah bukti bahwa itu belumlah apa-apa, ketimbang kehilangan file-file komputer kesayangan saya, hahaha...!

Saking stressnya saat itu, saya sampai ngeri membayangkan akan mengumpulkannya ulang. Bukan soal enteng mendownload ulangnya. Butuh kuota puluhan GigaBite sampai semua bisa dikoleksi lagi, itu soal pertama. Padahal itu juga sekedar estimasi besar file, belum termasuk kuota untuk browsing dan downloadnya.

Berikutnya, ternyata begitu susah menemukan lagi file-file tersebut di internet. Banyak akun-akun 'baik hati' pemilik file tersebut yang telah kadaluarsa, dibanned dan sebagainya. Khusus untuk file ebooks, ternyata sekarang hosting favorit tempat dulu saya biasa download, sudah tak bisa lagi dikunjungi, hiiiks...!

Maka 2 mingguan pertama mudik lebaran kemaren saya habiskan untuk mengumpulkan lagi koleksi-koleksi lama file-file ebooks yang dulu. Alhamdulillah, setidaknya cuma 2 atau 3 koleksi favorit lama yang gagal saya dapatkan lagi. Yang lainnya bisa nyusul kapan-kapan, toh cuma sekedar koleksi pelengkap yang entah berapa tahun lagi baru mungkin akan saya baca, hahaha...!

Terjebak euphoria, sampai 2 jam lalu saya telah membaca ulang sekitar 50an judul novel-novel terhemahan detektif anak dan remaja terjemahan. I think you know what i mean. Saya juga telah menyelesaikan utuh kisah Si Bungsu dalam Tikam Samurai-nya Makmur Hendrik. Terakhir, sekitar 2 jam lalu saya telah membaca 'Monk, si detektif jenius', cerita detektif paling kocak (versi saya).

Cerita detektif yang satu ini sungguh lucu. Saya baru tahu dan akan browsing untuk mencari judul kisahnya yang lain. Apa daya, entah apa tadi yang saya pencet, seluruh file yang telah saya koleksi ulang itu ternyata telah hilang lagi, hahahaha...!

Related Posts

Kehilangan (Lagi)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.