5 Sep 2017

Toko Buku

Sudah hampir setahun saya tak unjuk diri ke toko buku. Padahal sebelumnya tiap bulan saya selalu anggarkan sekitar 150 sampai 200an ribu untuk dihabiskan di toko buku. Sabtu lalu saya bermaksud belanja buku lagi di Kharisma Nagoya. Ehh, taunya itu itu toko buku tutup. Awalnya saya duga mereka tutup karena masih dalam suasana Idul Adha hati ke-2. Tapi setelah mengintip-intip dan mengamati kondisi di dalamnya saya curiga, jangan-jangan mereka bangkrut. Dan saya sungguh kuatir, jangan-jangan mereka bangkrut karena saya sudah tak pernah lagi wisata buku di sana, hahaha...!

Saya lebih suka belanja buku di gerai Kharisma sebab di situ biasanya banyak buku-buku yang gagal laku sesuai target. Biasanya buku di Gramedia lebih cepat habis, dan jika kita cari di Kharisma biasanya masih ada. Entah kenapa, tapi saya sering menemukan buku-buku buruan di Gramedia ketemunya malah di Kharisma.

Kharisma memang tak sepopuler Gramedia. Tapi Gramedia sendiri juga ada yang tutup di Batam. Dan saya juga punya pengalaman yang tak enak di Gramedia tersebut, dulu di DC Mall Jodoh, Batam. Suatu kali saya membaca novel bagus di sana. Sebab kekurangan waktu saya susun skenario keren. Saya akan baca lanjutannya minggu depan sambil menentukan keputusan untuk membelinya atau tidak. Kalau layak koleksi, saya akan beli bukunya minggu depannya lagi. Itupun jika gajian lancar sesuai waktunya, hahaha...!

Tapi apa daya, skenario yang telah begitu rapi saya susun malah berantakan. Gramedia tersebut keburu bangkrut. Saya marah betul. Baca novel gagal klimaks, bukunya ga nemu pula di tempat yang lain. Ebook pun sampai sekarang ga nemu, hahaha...!

Dulu saya sering juga beli buku via toko buku online. Tapi itu dulu, saat lemburan sedang jaya-jayanya. Belanja buku online kalau cuma sedikit, rugi. Mahal ongkos kirimnya. Tapi melihat betapa banyaknya toko buku yang tutup saya jadi khawatir juga. Jangan-jangan nantinya saya kembali mesti belanja buku online, padahal sekarang saya sudah tak pernah lagi dapat lemburan. Kan saya sudah dipecat, hahaha...!

Related Posts

Toko Buku
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.