25 Des 2017

Al-Qur'an dan LCT P4

Daya ingat saya sebetulnya (dulu) sangat luar biasa. Saya alumnus LCT P4. Waktu itu kami para peserta diberi buku hapalan soal2 tentang Pancasila, UUD45, sejarah dan lain sebagainya yang terkait dengan tatanan hidup bangsa Indonesia. Saya hapal seluruh butir-butir Pancasila, seluruh ayat dan pasal-pasal dalam UUD45. Saya (kami) hapal buku soal2 tersebut lengkap beserta titik dan komanya. 'Keliru, jika berpikir LCT adalah singkatan dari Lomba Cerdas Cermat. Yang benarnya adalah Lomba Cepat Tepat. Jadi selain cepat, juga dituntut untuk tepat. Jadi terhadap pihak-pihak yang selama ini mengklaim sebagai yang paling Pancasilais, Paling Merah Putih atau Paling Indonesia tersebut, saya cuma bisa menatap iba. Kasihan, delusi stadium akhir.

Saat itu SD kami 'cuma' berhasil menjadi juara 3 se-Sumatera Barat. Saya masih ingat persis, di final kami kalah cepat lawan SD dari Kab. Agam (juara 1) dan Kab. Padang Pariaman (runner-up). Prestasi yang luar biasa sebetulnya, sebab bahkan sejak ditingkat Kecamatan saja kami tak pernah diunggulkan. Sekolah kami adalah debutan, tampil untuk pertama kalinya di ajang rutin tahunan tersebut.

Berbekal pengalaman tersebut, di tingkat lanjutan SMP/MTs, saya diiuktkan lagi mewakili sekolah. Saya yang masih kelas 1, bersama dengan 2 orang kakak kelas. Sangat mendadak. Hari ini ditunjuk, besok pertandingan. Bayangkan mepetnya persiapan, bahkan buku soal2 tersebut tak sempat difoto kopi untuk kami bertiga. Saya yang sudah berpengalaman dipercaya sendirian menghapal buku berisi lebih dari seribuan soal-soal P4, satu malam saja.

Saya ingat betul trik yang kami terapkan saat itu. Saat peserta lain sedang bertanding, kami bertiga mengamati soal2 yang diberikan. Kami tandai halaman2 soal yang sedang dipertandingkan, sampai akhirnya kami bisa meraba-raba soal2 yang mana saja kira2 yang akan menjadi jatah kami di pertandingan. Dasar cerdas, kami berhasil jadi juara 2 tingkat Kecamatan, hahaha...!

Apa sebetulnya yang ingin saya ceritakan?

Terdahulu saya juga pernah menulis bahwa saya hapal dan fasih menyanyikan lagu berbahasa Inggris lengkap dengan segala cengkok, vibra bahkan dengan soul-nya sekalian. Berasa keren aja bisa hapal banyak lagu Barat, hahaha...!

Daya ingat saya sungguh hebat, seperti yang saya deskripsikan di atas. Saya sanggup menghapal satu buku lengkap dengan titik dan komanya. Cita-citanya waktu itu sih ga muluk-muluk. Kalau juara saya akan naik pesawat terbang untuk pertama kalinya dalam sejarah panjang keluarga saya. Saya juga akan jadi orang pertama diantara kami yang akan pernah menginjak istana negara dan bersalaman dengan Presiden.

Tapi kenapa untuk menghapal satu surat Al-Quran saja, fasih tajwid dan makhraj hurufnya ternyata begitu sulitnya? Saya juga penasaran bagaimana dengan teman-teman sesama alumnus lainnya? Udah hapal berapa juz?

"...karena kedudukanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat (Al-Quran) yang kamu hafalkan" ~ HR Abu Daud dan Tirmidzi.

Duhhh...!

Related Posts

Al-Qur'an dan LCT P4
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.