Halaman

12 Jan 2018

Tuyul, Celengan dan Berkah

Benarkah celengan tersebut dibobol oleh tuyul? Atau jangan-jangan hal tersebut adalah karena berkah yang dicabut Allah SWT. Sebab sampai saat ini saya tetap percaya bahwa berkah itu didapat dari sesuatu yang mengalir dan beredar, bukan dari segala yang ditumpuk dan ditimbun. Yang menyehatkan adalah darah yang lancar mengalir, dan akan sakit bila terjadi penyumbatan. Ekonomi yang menghidupkan itu adalah uang yang beredar di pasar. Harta yang ditimbun itulah biang penyakit. Ekonomi akan mati bila aset dibekukan.

Allah SWT punya banyak cara untuk mengingatkan hambaNYA. Alih-alih menuduh tuyul, baiknya kita instrospeksi diri masing-masing. Kita punya tetangga yang sedang kesulitan, ada teman yang butuh bantuan. Berkah (kebaikan « KBBI) apa yang kita dapatkan dari uang yang berada dalam celengan?

Betapa banyak kita mendengar kisah haru nenek-nenek yang akhirnya sampai akhirnya berhaji karena rutin menginfakkan sebagian rejekinya, walau cuma seribu dua ribuan belaka. Sebaliknya, juga sering kita baca sejarah betapa banyak orang kaya pelit yang tiap sebentar keluar masuk rumah sakit. Uang yang disimpannya itulah biang kegelisahannya. Apalagi bila uang tersebut berasal dari uang haram. Mau diedarkan tak berani, disimpan buat was-was selalu. Ada saja kejadian tak diduga dan diharap yang menggerus habis simpanannya tersebut. Itu adalah skenario Allah SWT.

Orang yang mendapat masukan adalah yang membuka diri. Yang banyak memberilah yang juga akan banyak menerima. Karena yang mendapat ganti adalah yang bersedia rugi. Ini rumus yang sederhana, yang sayangnya sering kita lupa dan abai terhadapnya.

Bongkar celengannya dan edarkan uangnya. Berapa banyak janji Allah SWT dalam Al-Quran terhadap orang yang menginfakkan sebahagian rezekinya di jalan Allah SWT. Itu bukan janji kosong. Beragam kisah telah menunjukkan pada kita pembuktiannya.

"...tak ada keraguan di dalamnya (Al-Quran). Petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa. Yaitu mereka yang beriman kepada yang ghaib, mereka yang mendirikan sholat dan mereka yang menginfakkan sebagian rejeki yang Kami anugerahkan kepada mereka" ~ Al-Baqarah ayat 2-3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Convenient Marriage

Gambar nyomot di Goodreads Elizabeth, Charlotte dan Horatia adalah putri dari keluarga Winwood. Lizzy, si sulung terkenal sangat cantik. Cha...